Dulu Sempat Langka, Kini Ri Diklaim Bisa Ekspor Masker Sampai 2,7 Miliar Lembar

Di lain kesempatan, Mansuri menyarankan pemerintah memberikan kesempatan kepada Badan Usaha Milik Negara untuk melakukan importasi bawang putih. Untuk mengantisipasi kekurangan stok bawang putih China, pemerintah mencari alternatif pemasok bawang putih dari India dan Thailand. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag Suhanto mengamini bahwa stok bawang putih masih ada. Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk menambah stok melalui impor. Berdasarkan penuturan para pedagang, harga apel fuji mengalami kenaikan dari Rp25.000-Rp27.000 per kg menjadi Rp30.000-Rp35.000 per kg. Adapun harga pir biasa, naik dari Rp11.000-Rp15.000 menjadi Rp20.000 per kg dan pir madu naik dari Rp20.000 menjadi Rp25.000 per kg.

Ekspor bahan- bahan langka

Produk-produk tekstil Indonesia pun diekspor untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri mode dunia. Sebagai negara maritim, tidak heran kalau udang jadi komoditas ekspor utama Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat, nilai ekspor udang dan perikanan sepanjang 2020 lalu mencapai US$ 3,51 miliar. Komoditas perikanan jadi salah satu yang masih mengalami surplus meski pandemi menghantam.

Hal ini dikarenakan Pemerintah telah melakukan kebijakan khusus untuk menjaga atau mengontrol barang impor yang ada di pasaran lokal untuk daya saing yang sehat. Agro Mitra Alimentare ini dapat memotivasi produsen produk-produk obat dan makanan, terutama suplemen kesehatan lainnya untuk terus melakukan inovasi, jeli membaca peluang sehingga produknya mampu menembus pasar international. Pada dasarnya tidak sulit untuk tinggal mengikuti aturan dan memperhitungkan semua pengeluaran agar tetap sesuai dengan sebagaimana seharusnya pengiriman barang. Sehingga dengan begitu anda akan terhindar dari kasus penyelundupan barang baik disengaja maupun tidak. Terkadang pihak yang dipercaya juga harus benar-benar memperhatikan segalanya dengan baik.

Nanti kami lihat lagi setelah dunia sudah normal dari wabah corona,” tuturnya. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, stimulus itu terdiri dari empat kebijakan yakni, penyederhanaan tata niaga ekspor, pelonggaran impor, percepatan impor, dan pemangkasan biaya logistik. Penyebaran virus corona (COVID-19) berdampak negatif terhadap kegiatan perdagangan internasional. Selain itu, pengiriman produk briket arang kelapa untuk ekspor dengan tujuan ke beberapa negara juga mengalami kendala selama beberapa bulan terakhir.

Selain itu, perlu dicarikan solusi terbaik untuk menangani kondisi kekurangan kontainer international yang terjadi saat ini dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pelayaran. “DPP INSA sudah menyampaikan beberapa usulan ini dalam rapat beberapa waktu lalu dengan pemerintah dan stakeholder lainnya,” ujarnya. Menurutnya, ketika perekonomian China mulai bangkit, permintaan akan ruang muat dan kontainer meningkat.